Jumat, 06 Desember 2013

Keragaman dan Kesetaraan

Tugas Softskill Ilmu Sosial Dasar
Nama : Alan Ahmad Maulana
NPM : 10113572
Kelas : 1KA40


Kesetaraan dan Keragaman Manusia



Dalam paham Multikulturalisme, kesederajatan dan atau kesetaraan sangat dihargai untuk semua budaya yang ada dalam masyarakat, karena keragaman tanpa kesetaraan akan muncul diskriminasi.
Perkembangan pembanguna yang terjadi dalam dua dekade terakhir di indonesia menjadikan pertemuan antar orang dari berbagai kelompok suku dan budaya sangat mudah terjadi terlebih masyarakt indonesia adalah majemuk. hal itu tentu saja akan menimbulkan banyak goncangan dan persoalan. karena itu sebelum menjadi sebuah konflik yang keras, indonesia sudah selayaknya mempersiapkan masyarakatnya mengenai adanya keragaman dan kesetaraan.

Hakikat Kesetaraan dan Keragaman Manusia

* Makna Keragaman manusia : Keragaman manusia dimaksudkan bahwa setiap manusia memiliki perbedaan. perbedaan itu ada karena manusia adalah makhluk individu yang setiap individu memiliki ciri-ciri khas sendiri. Perbedaan utama dilihat dari sikap-sikap peribadi, misalnya sikap, watak, kelakuan, tempramen, dan hasrat. jadi, sebagai manusia pribadi adalah unik dan beragam.

* Makna Kesetaraan Manusia : Kesetaraan manusia bermakna bahwa manusia sebagai makhlluk tuhan memiliki tingkat atau kedudukan yang sama. Tingkatan atau kedudukan yang sama itu bersumber dari pandangan bahwa semua manusia tanpa dibedakan adalah diciptakan dengan kedudukan yang sama, yaitu sebagai makhluk mulia dan tinggi derajatnya dibanding makhluk lain.

Kemajemukan dan Kesetaraan sebagai kekayaan sosial budaya bangsa

Kemajemukan sebagai kekayaan bangsa indonesia
Kemajemukan adalah karakteristik sosial budaya indonesia. selain kemajemukan karakteristik indonesia yang lain adalah sebagai berikut : (Sutarno, 2007)
a) Jumlah penduduk yang besar
b) Wilayah yang luas
c) Posisi Hilang
d) Kekayaan alam dan daerah tropis
e) Jumlah pulau yang banyak
f) Pesebaran pulau

Kesetaraan sebagai warga indonesia
Pengakuan akan prinsip kesetaraan dan kesederajatan itu secara yuridis di akui dan dijamin oleh negara melalui UUD'45. Warga negara tanpa dilihat perbedaan ras, suku, agama, dan budayanya diperlakukan sama dan memiliki kedudukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan negara indonesia mengakui adanya prinsip persamaan kedudukan warga negara indonesia.

Problematika Keragaman dan Kesetaraan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

Keragaman adalah modal, tetapi sekaligus potensi konflik yang terdiri dari 2 fase, yaitu fase disharmoni dan fase disintegrasi.
Satu hal yang penting adalah meningkatkan pemahaman antar budaya dan masyarakat yang mana sedapat mungkin menghilangkan penyakit budaya ( etnosentrisme, stereotip, prasangka, rasisme, diskriminasi, dan space goating.
# Solusi lain yang dapat dipertimbangkan untuk memperkecil masalah yang diakibatkan oleh keragaman tersebut adalah :
- Semangat Religius
- Semangat nasionalisme
- Semangat Pluralisme
- Dialog antar umat beragama
- Membangun suatu pola komunikasi untuk interaksi maufun konfigurasi hubungan antar agama, media massa, dan harmonisasi dunia.

Problem Kesetaraan Serta solusi dalam kehidupan
Problem yang terjadi dalam kehidupan, umumnya adalah mulculnya sikap dan prilaku untuk tidak mengakui adanya persamaan derajat, hak, dan kewajiban, antar manusia atau antar warga. prilaku yang membeda-bedakan orang disebut diskriminasi.

Upaya untuk menekan dan menghapus praktik-praktik diskriminasi
> Perlindungan dan penegakan HAM disetiap ranah kehidupan manusia ( UU No. 39 tahun 1999 tentang HAM )
> Penghapusan diskriminasi rasial yaitu ditandai dengan penghapusan surat bukti kewarganegaraan republik indonesia (SBKRI) melalui keputusan presiden No. 56 Tahun 1996 dan instuksi presiden No. 4 Tahun 1999. dan imlek sebagai hari libur nasional.
> Mencegah terjadinya prilaku diskriminatif dalam rumah tangga, antara lain telah ditetapkan UU No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, dan UU No. 23 Tahun 2004 Tentang penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).



KESIMPULAN



Keragaman adalah perbedaan yang indah, sehingga dalam keragaman kita harus berpikir keindahan yang sangat unik. Marilah kita berfikir keindahan saat kita menemukan perbedaan sehingga kita dapat memberikan suatu yang berarti dalam kehidupan kita. dan itulah hakikat dari keragaman dan perbedaan.





sumber : http://www.slideshare.net/kodokpohon/hakekat-keragaman-dan-kesetaraan-manusia-isbd

0 komentar :

Posting Komentar