E-Commerce termasuk salah satu istilah pada “perdangan
elektronik” yang berubah sejalan dengan waktu. Berkembangnya E-Commerce di
Indonesia pada era globalisasi ini semakin berkembang pesat saja. Contohnya
televisi dan internet .
Awalnya perdagangan
elektronik merupakan aktifitas perdagangan yang memanfaatkan transaksi
komersial,misalnya mengirim dokumen komersial seperti persamaan pembelian
secara elektronik
Di Indonesia, sistem E-commerce ini
kurang populer, karena banyak pengguna internet yang masih meragukan keamanan
sistem ini, dan kurangnya pengetahuan mereka mengenai apa itu E-Commerce yang
sebenarnya. Sehingga sampai saat ini, web resmi yang telah menyelenggarakan
e-commerce di Indonesia adalah RisTI Shop. Risti, yaitu Divisi Riset dan
Teknologi Informasi milik PT. Telkom, menyediakan layanan e-commerce untuk
penyediaan informasi produk peralatan telekomunikasi dan non-telekomunikasi.
Web ini juga telah mendukung proses transaksi secara online.
Ecommerce sendiri berasal dari
layanan EDI (Electronic Data Interchange), layanan EDI ini telah berkembang
sedemikian pesatnya di negara-negara yang mempunyai jaringan komputer dan
telepon. Jika sebelumnya kita telah sering menggunakan media elektronik seperti
telepon, fax, hingga handphone untuk melakukan perniagaan / perdagangan,
sekarang ini, kita dapat menggunakan internet untuk melakukan perniagaan.
E-Commerce memiliki beberapa jenis, yaitu:
- Business to business (B2B):
Bisnis antara perusahaan dengan
perusahaan lain
- Business to consumer (B2C):
Retail, sifatnya melayani pelanggan
yang bervariasi
- Consumer to consumer (C2C):
Sifarnya lelang (auction)
- Government: G2G, G2B, G2C,
melakukan layanan terhadap perusahaan
untuk keperluan bisnis hingga melayani masyarakat
Manfaat E-Commerce :
·
Revenue
stream baru
·
Market
exposure, melebarkan jangkauan
·
Menurunkan
biaya
·
Memperpendek
waktu product cycle
·
Meningkatkan
customer loyality
·
Meningkatkan
value chain
0 komentar :
Posting Komentar