Pengertian Pasar
Pasar adalah
suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran
(penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan
harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap
proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga
yang disepakati antara pembeli dan penjual.
Secara sederhana
pasar dapat dikelompokkan menjadi:
1.
Menurut
segi fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya:
• pasar
tradisional
• pasar raya
• pasar abstrak
• pasar konkrit
• toko swalayan
• toko serba
ada, dll
2.
Berdasarkan
jenis barang yang dijual, pasar dibedakan menjadi beberapa macam di antaranya:
• pasar ikan
• pasar sayuran
• pasar
buah-buahan
• pasar barang
elektronik
• pasar barang
perhiasan
• pasar bahan
bangunan
• bursa efek dan saham,
dll
Pengertian struktur
Pasar
Struktur pasar
adalah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan
harga di dalam pasar(BAIN,1952)
Unsur-Unsur Struktur
Pasar,terdiri dari:
§ Konsentrasi
§ differensiasi
produk
§ ukuran
perusahaan
§ hambatan masuk
§ integrasi
vertical
§ diversifikasi
Bentuk-bentuk
Struktur PasarBentuk-Bentuk Struktur Pasar Konsumen – Persaingan Sempurna,
Monopolistik, Oligopoli dan Monopoli
Pasar Persaingan
Sempurna
Jenis pasar
persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi
produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya
adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain.
Sifat-sifat
pasar persaingan sempurna :
• Barang yang
dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain, sehingga para pembeli tidak
dapat membedakan produk yang dihasilkan antara produsen A dan produsen B.
• Penjual
bersifat pengambil harga (price taker),yaitu penjual tidak dapat menentukan atau
merubah harga dikarenakan harga pasar ditentukan oleh interaksi antara produsen
dengan pembeli.
• Harga
ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
• Posisi tawar
konsumen kuat
• Jumlah penjual
dan pembeli banyak
• Sulit
memperoleh keuntungan di atas rata-rata
• Sensitif
terhadap perubahan harga
• Mudah untuk
masuk dan keluar dari pasar,yaitu apabila seorang penjual mengalami kerugian dapat
langsung meninggalkan pasar dan begitu sebaliknya.
• Pembeli
mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan di pasar Artinya bahwa
pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas
harga tersebut.
Pasar persaingan
sempurna memiliki bebarapa kebaikan dibandingkan pasar-pasar yang lainnya
antara lain :
1. Persaingan
sempurna memaksimumkan efisiensi
2. Kebebasan
bertindak dan memilih
Beberapa
kelemahan / keburukan persaingan sempurna yaitu :
• Persaingan
sempurna tidak mendorong inovasi
• Persaingan
sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial
• Membatasi
pilihan konsumen
• Biaya produksi
dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
• Distribusi
pendapatan tidak selalu merata
Pasar
Monopolistik
Struktur pasar
monopolistik terjadi manakala jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk
yang serupa/sejenis, namun di mana konsumen produk tersebut berbeda-beda antara
produsen yang satu dengan yang lain. Contoh produknya adalah seperti makanan
ringan (snack), nasi goreng, pulpen, buku, dan sebagainya.
Sifat-sifat
pasar monopolistik :
• Adanya
differensiasi produk(produk yang dijual mungkin sama namun memiliki perbedaansatu
sama lain)
• Mirip dengan
pasar persaingan sempurna
• Brand yang
menjadi ciri khas produk berbeda-beda
• Produsen atau
penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga
• Relatif mudah
keluar masuk pasar
• Promosi
penjualan harus aktif. Pada pasar ini harga bukan merupakan pendongkrak
jumlah konsumen,
melainkan kemampuan perusahaan menciptakan citra baik dimata konsumen, sehingga
dapat menimbulkan fanatisme terhadap produk.
Pasar
Monopolistik memiliki KEBAIKAN sebagai berikut :
1. Banyaknya
produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih
produk yang terbaik baginya.
2. Kebebasan
keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi
dalam menghasilkan produknya.
3. Diferensiasi
produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan
dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
Pasar
Monopolistik juga memiliki KELEMAHAN sebagai berikut :
1. Pasar
monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas
maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan pengalaman
yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
2. Dibutuhkan
modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain
pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
3. Pasar ini
mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya
produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh konsumen
Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli
adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen
atau penjual dalam satu wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah
industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya.
Sifat-sifat
pasar oligopoli :
- Harga produk
yang dijual relatif sama
- Pembedaan
produk yang unggul merupakan kunci sukses
- Sulit masuk ke
pasar karena butuh sumber daya yang besar
- Perubahan
harga akan diikuti perusahaan lain
Macam-macam
pasar oligopoli :
• Pasar
oligopoli murni (pure oligopoly). Ini merupakan praktek oligopoli dimana
barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik.contohnya : praktek pasar oligopoli dalam produk sabun
mandi.
• Pasar
oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly) Pasar ini
merupakan suatu bentuk praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan
dapat dibedakan.contohnya : praktek pasar oligopoli dalam produk mobil.
Pasar oligopoli
memiliki KELEBIHAN sebagai berikut :
1. Adanya
efisiensi dalam menjalankan kegiatan produksi
2. Persaingan di
antara perusahaan akan memberikan keuntungan bagi konsumen dalam hal harga dan
kualitas barang.
Pasar oligopoli
juga memiliki KELEMAHAN, yaitu :
1. Dibutuhkan
investasi dan modal yang besar untuk memasuki pasar, karena adanya skala
ekonomis yang telah diciptakan perusahaan sehingga sulit bagi pesaing baru untuk
masuk ke dalam pasar.
2. Apabila
terdapat perusahaan yang memiliki hak paten atas sebuah produk, maka tidak memungkinkan
bagi perusahaan lain untuk memproduksi barang sejenis.
3. Perusahaan
yang telah memiliki pelanggan setia akan menyulitkan perusahaan lain untuk
menyainginya
Pasar Monopoli
Pasar monopoli
akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau
penjual. Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan
kereta api (perumka), dan lain sebagainya.
Sifat-sifat
pasar monopoli :
- Hanya terdapat
satu penjual atau produsen
- Harga dan
jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
- Umumnya
monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
- Sangat sulit
untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya
yang sulit didapat
- Hanya ada satu
jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan
- Tidak butuh
strategi dan promosi untuk sukses
Terjadinya Pasar
Monopoli
• Modalnya besar
• Memiliki
keahlian tertentu
• Adanya pasar
yg terbatas
Kebaikannya:
1. Memiliki
keuntungan lebih
2. Dpt
menurunkan biaya produksi
3. Lebih efisien
4. Harganya
lebih bersiang
Keburukannya:
1. Menciptakan
ketidakadilan
2. Adanya unsur
eksploitas faktor2 terhadap produksi
3. Boros dlm
sumber daya ekonomi
Tambahan :
- Monopsoni
adalah kebalikan dari monopoli, yaitu di mana hanya terdapat satu pembeli saja yang
membeli produk yang dihasilkan.
- Monopoli
adalah sesuatu yang dilarang di Republik Indonesia yang diperkuat dengan undang-undang
anti monopoli.
SUMBER:
http://organisasi.org/bentuk_bentuk_struktur_pasar_konsumen_persaingan_sempurna_monop
olistik_oligopoli_dan_monopoli
http://www.zunal.com/zunal_uploads/files/20100512092310enama.pdf
http://www.e-dukasi.net/mapok/mp_files/mp_312/karakteristik.html
0 komentar :
Posting Komentar