Senin, 25 Januari 2016

Aplikasi Puzzle Menggunakan Adobe Flash CS6


1.1       Latar Belakang Masalah

Dalam era globalisasi sekarang ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa komputer mempunyai peranan penting didalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, pendidikan pada anak usia dini dapat diberikan melalui aplikasi multimedia dalam bentuk teks, suara, gambar, video ataupun animasi.
Pembelajaran melalui aplikasi multimedia sangat menarik bagi anak-anak dan mempermudah pemahaman pada anak tersebut. Selain itu anak juga diperkenalkan dengan dunia komputer secara tidak langsung, agar dapat berfikir secara kreatif sehingga memiliki daya pikir yang optimal. Proses pengenalan melalui sistem komputer dapat menghasilkan nilai lebih, yaitu dalam hal gambar dan suara yang berpadu dalam bentuk animasi. Dengan animasi dapat lebih mendorong ketertarikan si anak untuk belajar dikarenakan proses belajarnya yang interaktif.
Aplikasi pengenalan pada saat ini yang penulis ketahui hanya sekedar menampilkan lalu memperkenalkannya saja. Oleh karena itu penulis menyisipkan sebuat permainan puzzle dalam aplikasi pembelajaran ini. Penulis ingin membuat sebuah aplikasi pengenalan nama buah dan hewan, dalam bentuk CD interaktif. Dengan latar belakang hal tersebut, penulis tertarik membuat Aplikasi Pengenalan Nama Buah Dan Hewan Untuk Usia 3-5 Tahun Menggunakan Adobe Flash CS6.

1.2       Batasan Masalah

            Dalam penulisan ilmiah ini penulis membatasi pengguna aplikasi untuk anak usia dini atau anak sekitar 3-5 tahun. Penulis membatasi banyaknya nama buah dan hewan yang akan diperkenalkan, yaitu 5 (lima) macam nama buah dan 5 (lima) macam nama hewan. Penulis membuat soal tebak gambar sebagai latihan sebanyak 10 soal pertanyaan yang dapat melatih daya ingat pada anak. Dimana soal-soal tersebut adalah macam-macam nama buah dan hewan yang ada pada aplikasi ini. Penulis membuat aplikasi tersebut dengan menggunakan Adobe Flash CS6 dengan ActionScript 3. Dalam penggunaan aplikasi games edukasi ini dibutuhkan peranan orang tua untuk dapat membimbing seorang anak, sehingga dapat tahu apa langkah-langkah yang harus dilakukan. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini anak dapat mengenal macam-macam nama buah dan hewan.

1.3       Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ilmiah ini adalah membuat aplikasi puzzle nama buah dan hewan untuk usia 3-5 tahun menggunakan adobe flash cs6. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu user mengetahui nama-nama buah dan hewan dengan baik dan benar, dibantu dengan adanya permainan puzzle. Sehingga dapat mengingatnya dengan jelas buah apa dan hewan apa saja yang ada di dalam aplikasi ini sendiri.

1.4       Metode Penulisan

Metode penulisan yang digunakan penulis dalam mengerjakan penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut :
  1. Penulis melakukan pengumpulan data dari beberapa referensi dan pencarian data dari internet.
  2. Software dan Hardware yang digunakan :
a.       Software yang digunakan Adobe Flash CS6 Professional.
b.      Hardware yang digunakan diantaranya, laptop pribadi dengan spesifikasi prosesor intel dual core 2,3 GHz, RAM 1GB, harddisk 300 GB dengan system operasi Windows 7 Ultimate32-bit.
3.      Merancang navigasi dan storyboard.
Struktur navigasi adalah struktur (alur) dari suatu program yang merupakan rancangan. Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan dengan naskah, dengan story board lebih mudah menyampaikan ide cerita kepada orang lain.


4.      Implementasi ke dalam Adobe Flash CS6
Implementasi penggunaan media pembelajaran dengan adobe flash cs6 untuk peningkatan minat anak-anak untuk belajar.
5.      Uji coba Aplikasi.

Dalam hal uji coba dilakukan untuk anak-anak yang ingin belajar nama buah dan hewan.

0 komentar :

Posting Komentar